Jumat, 05 Juni 2015

CARA MERAWAT KEBAYA






Kebaya mungkin bukan hal yang asing lagi untuk menghadiri acar - acara penting , seperti ke pura, wisuda, menghadiri undangan, untuk pernikahan atau acara - acara penting lainnya. Bagi yang gemar mengkoleksi kebaya tentu di butuhkan ilmu untuk merawat kebaya - kebaya kesayangan anda, agar tidak mudah rusak dan selalu  terlihat indah.  Berikut ada beberapa tips cara merawat kebaya.

1. Mencuci.
Untuk mencuci kebaya tidak perlu di kucek atau di sikat, cukup di rendam dengan detergen yang mengandung banya softener, agar kain kebaya anda tetap lembut dan harum.  

2. Menjemur.
Tidak Perlu memeras kebaya anda setelah di cuci baik memakai tangan atau mesin cuci. Pada saat menjemur cukup angin - anginkan saja. jangan pernah menjemur kebaya langsung di bawah sinar mata hari agar warnanya tidak pudar.

3. Menyimpan.
Bila Bahan kebaya anda dari sutra dan cukup ringan untuk di gantung , maka gantung saja pada gantungan baju yang pas untuk menyandang bagian bahu. tetapi bila kebaya anda terbuat dari banyak payet dan manik, maka jangan menggantungnya, karena payet memberatkan kebaya anda, jika di gantung maka merusak bentuknya. Lipat kebaya payet anda dan pintar -pintarlah memilih lipatan dimana anda yakin tidak ada payet yang akan rusak bila di lipat dalam jangka waktu lama. Jauhkan lemari pakaian anda dari kapur barus, karena itu kan merusak bahan kebaya anda. Karena Kebaya bukan pakaian yang setiap hari di gunakan maka setiap sebulan sekali keluarkan dari lemari dan di angin - anginkan agar baunya tidak apek.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar